6 Aksi Nyleneh Para Bintang Sepakbola di Tahun 2013

Ajangprediksi.com - Membahas persoalan yang ada di dunia sikulit bundar memang tidak akan ada habisnya. Kerasnya sebuah persaingan dan aksi para pemain disisi lapangan juga menjadi sbuah bahasan unik dari berita dunia olah raga yang paling populer sejagat ini.

Kali ini Ajangprediksi.com akan kembali mengulas kilas balik 6 aksi nyleneh bintang sepakbola di tahun 2013:

1. Aksi Suarez Gigit Ivanovic
6 Aksi Nyleneh Para Bintang Sepakbola di Tahun 2013
Aksi Luis Suarez menggigit bek Chelsea Branislav Ivanovic di Anfield, Minggu 21 April 2013. Aksi gigit lengan itu sama sekali tak terlihat wasit. Namun dalam rekaman video pertandingan, terlihat jelas Suarez yang dijaga ketat Ivanovic menggigit lengan bek Chelsea tersebut. Mimik Ivanovic tampak menyeringai.


Setelah insiden tersebut Ivanovic langsung mengadu kepada wasit. Waktu itu, Suarez masih belum dikenai sanksi dan bahkan masih sempat mencetak gol penyeimbang 1-1 pada akhir laga. Suarez pun dihukum larangan bermain di 10 laga Liverpool.

Dulu saat memperkuat Ajax Amstedam, Luis Suarez pernah melakukan aksi serupa menggigit bahu gelandang PSV Eindhoven Otman Bakkal. Akibat ulahnya itu, striker asal Uruguay tersebut dikenai larangan bermain di 7 pertandingan.

Sebenarnya aksi gigit-menggigit ini bukan monopoli Suarez saja. Penyerang Tottenham Hotspur Jermaine Defoe pernah juga menggigit bek West Ham United Javier Mascherano pada Oktober 2006 silam. Ketika itu, Defoe diganjar kartu kuning oleh wasit Steve Bennett karena ulahnya tersebut.

2. Mario Balotelli 'Ditantang Berantem' Mancini
Hubungan Mario Balotelli dengan sang manajer Roberto Mancini kian memburuk. Puncak dari ketegangan itu terjadi di kamp pelatihan skuat Manchester City, 3 Januari 2013. Mancini yang begitu kesal terhadap ulah Balotelli tak mampu lagi menahan diri. Kerah pakaian Super Mario digenggam dan ditarik secara kasar. Sementara Mario hanya terdiam pasrah.

Keributan antara Mancini dengan Balotelli terjadi berawal dari latihan tim di Carrington. Saat bermain, Balotelli melakukan takling yang dinilai Mancini terlampau keras hingga menyebabkan pemain lain cedera.

Tak bisa lagi menahan emosinya, Roberto Mancini langsung menarik kostum Balotelli. Striker Timnas Italia itu langsung dibawa keluar lapangan oleh para pemain lain dan asisten pelatih.

3. Giorgos Katidis Dilarang Merumput Karena 'Salam Nazi'
Gelandang serang asal AEK Athena Giorgos Katidis terkena sanksi berat dilarang merumput seumur hidup. Gara-garanya Katidis memberi salam Nazi usai mencetak gol. Federasi Sepakbola Yunani secara bulat memutuskan sanksi tersebut.

Gelandang 20 tahun yang juga mantan kapten Timnas U-19 Yunani itu mencetak gol kemenangan saat AEK Athens menaklukkan Veria 2-1, Sabtu 16 Maret 2013 dalam lanjutan kompetisi Liga Yunani di Stadion Olympic.

"Tindakan sang pemain untuk memberi hormat kepada para penonton dengan salam khas Nazi menentang akal sehat, sangat memperlihatkan rasa tidak hormat kepada semua korban kekejaman Nazi dan melukai kedamaian serta karakter kemanusiaan pada sepak bola. Federasi Sepakbola Yunani dengan tegas mengutuk tindakan-tindakan seperti itu," demikian pernyataan federasi.

Katidis sendiri sempat menyatakan pembelaannya melalui akun twitter pribadinya, "Saya bukan fasis dan saya tidak akan melakukan hal itu jika saya memahami maksudnya. Saya tahu konsekuensi-konsekuensinya dan saya tidak akan pernah melakukannya."

4. Ahmed Abdel Zaher Diskors Karena 'Salam Rabia'
Striker klub raksasa Mesir Al Ahly Ahmed Abdel Zaher kena sanksi skorsing dari pemilik klub gara-gara selebrasinya. Aksi Abdel Zaher itu terjadi setelah mencetak gol kemenangan Al Ahly 2-0 atas lawannya Orlando Pirates dari Afrika Selatan dalam lanjutan kejuaraan Afrika, Minggu 10 November 2013.

Selebrasi Ahmed Abdel Zaher memang 'tak biasa'. Mesir yang kini sedang dilanda konflik politik dan keamanan amat sensitif dengan ucapan dan berbagai kode-kode. Setelah mencetak gol, Abdel Zaher langsung merayakannya dengan memberikan tanda 'Rabia'. Tanda khusus 'Rabia' merupakan simbol 4 jari sebagai wujud simpati pada perjuangan kelompok partai Ikhwanul Muslimin pendukung Presiden Morsi yang telah digulingkan.

Sementara itu, Ahmed Abdel Zaher mengaku bahwa tanda yang dibuatnya tidak berarti dirinya anggota kelompok pendukung Ikhwanul Muslimin kubu Morsi. Zaher menyatakan tanda 'Rabia' yang dibuatnya merupakan ajakan untuk mengenang para kurban aksi damai yang dibubarkan paksa pihak militer.

5. Nicolas Anelka Terbentur 'Salam Quenelle'
Mungkin memang lagi sial nasib Nicolas Anelka. Setelah mencetak gol keduanya bagi West Bromwich, striker asal Prancis ini langsung melakukan aksi 'Salam Quenelle'.

Aksi salam yang biasa dilakukan kelompok Nazi itu diperagakan Anelka dalam laga melawan West Ham United, Sabtu 28 Desember 2013 di The Boleyn, Upton Park, London. Laga itu sendiri berakhir imbang 3-3.

Kontan saja, protes segera bermunculan dari berbagai kalangan. Terutama dari komunitas Yahudi. Kongres Yahudi pun mendesak Anelka agar mendapatkan hukuman sama dengan pesepakbola yang menampilkan salam khas Nazi.

"Memuakkan melihat pesepakbola yang populer melakukan sikap tubuh melecehkan dan penuh kebencian di depan puluhan ribu penonton," kata Presiden Kongres Yahudi Eropa, Moshe Kantor.
Nicolas Anelka akan menghadapi penyelidikan pihak FA. Dia dianggap rasis antisemit.

Sementara itu, Anelka membantah bahwa dirinya antisemit. Dia melakukannya untuk mengenang sahabatnya seorang komedian Prancis Dieudonne Mbala Mbala. Salam quenelle dipopulerkan oleh Dieudonne.

Sikap tubuh dalam salam quenelle itu, lengan atas kanan dipegang tangan kiri sambil jari tangan kanan menunjuk ke bawah. Salam quenelle ini dijadikan simbol antikemapanan dan bentuk modern salam khas Nazi pada masa Hitler.

Source: ajangbola.com

Related

Serba-Serbi Olahraga 644655559406257539

Advertise

banner 300

terbaru

Archive

banner 300
Daftar Klasemen

Standings provided by whatsthescore.com

item