Kolo Toure: Jadi Lebih Kuat Berkat Puasa Ramadhan

Bulan Ramadan tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Pasalnya, para pemain Muslim di liga-liga besar tak lagi menjalani ibadah puasa saat ko...

Bulan Ramadan tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Pasalnya, para pemain Muslim di liga-liga besar tak lagi menjalani ibadah puasa saat kompetisi berjalan.


Kolo Toure
Akan tetapi, penggawa Liverpool, Kolo Toure tak melihat ada yang berbeda dengan Ramadan sebelumnya. Dia berbagi kiat berpuasa untuk para pebola Muslim. Berikut petikan wawancaranya seperti yang dikutip dari laman resmi The Kop, Jumat (12/7/13):

Apakah Anda sebagai pemain bola merasakan tantangan fisik lebih berat selama Ramadan?

Aku sudah menjalani Ramadan selama bertahun-tahun. Sungguh berat, tapi aku turut merasa jauh lebih kuat dari biasanya. Kondisi mentalku terdongkrak. Tentu saja tak mudah. Namun, tiada mustahil bila Anda percaya kepada Tuhan.

Apakah Anda menetapkan menu makanan khusus selama Ramadan?

Ya, sangat penting supaya Anda menjaga menu makanan. Anda juga harus mengontrol apa yang dilakukan sepanjang hari. Pasalnya, ada hal yang hilang dalam tubuh Anda. Itulah yang tim dokter dan semua orang lakukan di klub ini. Hal ini membuatku merasa lebih baik.

Seberapa penting disiplin diri dalam menjalani Ramadan?

Disiplin mutlak dibutuhkan. Pada lima hari pertama, aku merasa sedikit kesulitan. Setelahnya, tubuhku mulai beradaptasi. Efeknya pun bagus. Anda bisa merasa lebih kuat setelah Ramadan.

Apakah Anda menetapkan porsi latihan berbeda selama Ramadan?

Aku selalu siap untuk itu (latihan) dan mengerahkan 110 persen kemampuan. Tidak pernah aku berkata, aku tak mau berlatih keras.

Periode Ramadan kerap berubah setiap tahunnya. Apakah Anda merasa lebih sulit saat Ramadan bertepatan dengan musim kompetisi?

Aku sudah menjalani puasa saat kompetisi berjalan. Memang terkadang bergantung usia pemain. Tetapi, aku berbeda dan melakukan dengan caraku sendiri.

Apakah punya pesan untuk umat Muslim di seluruh dunia?

Assalamu'alaikum untuk seluruh umat Muslim yang berpuasa. Aku berdoa agar Tuhan memudahkan penderitaan kita semua dan membantu mereka yang membutuhkan. (Lip6)

Related

Serba-Serbi Olahraga 6086185396592296509

Advertise

banner 300

terbaru

Archive

banner 300
Daftar Klasemen

Standings provided by whatsthescore.com

item