Mourinho: Pelatih Chile Lebih Baik dari Van Gaal

Ajangprediksi.com - Perhelatan Piala Dunia 2014 di Brasil tentunya mengundang perhatian banyak kalangan, utamanya yang sehari-hari bergelut di lapangan hijau. Tak terkecuali manajer asal Portugal yang sempat dijuluki sebagai pelatih terbaik di muka bumi: Jose Mourinho.

Manajer Chelsea berusia 51 tahun itu dimintai komentarnya tentang tersingkirnya juara bertahan Spanyol dari fase grup setelah menelan kekalahan dari Belanda dan Cile. Mourinho menilai gaya bertanding pasukan Vicente del Bosque yang mengedepankan pola tiki-taka telah diketahui kelemahannya oleh tim-tim lawan. Singkat kata, keunggulan Spanyol telah ketahuan.

“Tim-tim lain telah mempelajari bagaimana caranya bermain menghadapi tim terbaik (Spanyol). Dan, saat tim terbaik selalu yakin dengan filosofi mereka merupakan yang terbaik, tim-tim lain mengetahui kelemahannya,” ujar Mourinho seperti yang dikutip Yahoo Sport.

Dalam era modern seperti ini, Mourinho meyakini faktor strategi seorang pelatih sangat menentukan keberhasilan sebuah tim. Mourinho pun memuji kiprah pelatih Oranje Louis van Gaal dan arsitek La Roja, Jorge Sampaoli.

“Anda harus strategis. Dari titik pandang seperti itu, Belanda dan Cile telah memainkan strategi yang sangat bagus. Karenanya, Spanyol tidak dapat mengatasinya. Dalam 4-6 tahun terakhir, penampilan Spanyol begitu luar biasa. Mereka sungguh mengagumkan. Tapi, tim-tim lain telah mempelajari keunggulan dan kelemahan mereka,” tegas Special One.

Meski sama-sama menerapkan strategi yang ciamik saat berhadapan dengan Spanyol, di mata Mourinho apa yang dilakukan Sampaoli jauh lebih berkesan ketimbang Van Gaal. “Saya pikir, Louis van Gaal sungguh pelatih yang brilian dalam menganalisa cara bertanding melawan Spanyol. Namun, saya kira, Sampaoli lebih baik lagi. Karenanya, pantas kita ucapkan selamat pada pelatihnya (Sampaoli),” imbuh Mourinho.

Related

Piala Dunia 2599464004425226459

Advertise

banner 300

terbaru

Archive

banner 300
Daftar Klasemen

Standings provided by whatsthescore.com

item